ILMPI WILAYAH VI

SELF-LOVE

BANK ARTIKEL

Proker Kerjasama BANIFOKOM Dan BPPK ILMPI Wilayah VI (Sulawesi, Maluku, Papua)

 

  1. APA ITU SELF-LOVE?

Dalam acara ‘Women’s Week 2021’ yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis, 8 April 2021, dr. Grace Hananta, seorang dokter sekaligus live motivator, menuturkan bahwa self love adalah konsep apresiasi kepada diri sendiri untuk membangun kesejahteraan dan kebahagiaan.

Menurut Monica Sulistiawati, M.Psi, seorang psikolog, self love atau mencintai diri sendiri adalah berusaha menerima diri sendiri apa adanya. Self love ialah keadaan dapat menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri , menghargai diri sendiri, memberikan dukungan pada diri sendiri dan berusaha memaafkan diri sendiri saat berbuat hal yang salah atau keliru.

Samantha Ananta, M.Psi, berpendapat bahwa self love menjadi suatu bentuk penghargaan pada diri sendiri sebagai upaya untuk menunjukkan kepedulian terhadap kondisi fisik, psikologis dan spiritual.

Berdasarkan ketiga pendapat ahli mengenai self love tersebut, dapat disimpulkan bahwa self love atau cinta diri artinya menghormati dan menyayangi diri sendiri. Ketika kita mencintai diri sendiri, artinya kita harus menerima diri kita seutuhnya baik itu kelebihan maupun kekurangan yang ada pada diri kita, hal ini dilakukan untuk kesehatan mental dan mencapai kebahagiaan.

  • PENGERTIAN PARA AHLI DAN TEORI MENGENAI SELF-LOVE
  • Pengertian dari para ahli :

Coopersmith (1967) menyatakan bahwa harga diri merupakan bentuk evaluasi diri seseorang terhadap dirinya sendiri, serta mempertahankan anggapan atau penilaian diri sendiri. Harga diri dapat diekspresikan melalui sikap penerimaan ataupun menolak hasil evaluasi yang dilakukan.

Menurut Baron, Branscombe dan Byrne (2008), self-esteem adalah tingkat penerimaan diri secara positif ataupun negatif terhadap semua sikap diri. Harga diri menurut Baron, Branscombe dan Byrne (2008) sangat responsif terhadap peristiwa yang dialami individu dalam kehidupan sehari-hari, misalnya ketika seorang individu mampu mecapai tujuan yang diingikan makan harga diri akan meningkat, namun apabila mengalami kegagalan maka harga dirinya akan turun.

  • Teori :

Menurut Psikolog Deborah Khoshaba Psy.D (2012), self-love adalah keadaan apresiasi terhadap diri sendiri yang bersifat dinamis, yang tumbuh dari tindakan yang mendukung pertumbuhan fisik, psikologis, dan spiritual kita, yang mana tindakan tersebut dapat membuat kita menjadi lebih dewasa. Contohnya adalah saat kamu sudah berhasil menerima kekurangan dan kelebihan-mu, fokus terhadap tujuan hidup yang kamu miliki, lalu hidup secara puas dengan usaha yang telah kamu lakukan.

  • CARA MENERAPKAN SELF-LOVE
  • Kenali diri sendiri

Self-love hanya akan menjadi sebuah ungkapan jika Anda tidak bisa mengenali diri sendiri. Oleh karena itu, mulailah dari mengenali diri sendiri. Temukan jawaban atas pertanyaan tentang diri Anda, seperti impian yang ingin dicapai, ketakutan terbesar, hingga kekuatan yang dimiliki.

  • Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tanpa disadari, kita mungkin sudah lama hidup dengan sifat kompetitif, terutama dalam bersosialisasi. Hal ini membuat kita sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal, tidak ada manusia yang sempurna.

Oleh karena itu, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Fokuslah pada apa yang menjadi tujuan dan mimpi Anda dalam hidup. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih bebas dan termotivasi untuk menjalani hari tanpa beban.

  • Jangan khawatir tentang pendapat orang lain

Dalam hidup, Anda tidak bisa membahagiakan semua orang. Oleh karena itu, jangan khawatir tentang pendapat atau penilaian orang lain tentang diri Anda. Terlalu banyak mendengarkan orang lain mungkin justru bisa membuat Anda stres dan tidak bahagia.

  • Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa rendah diri dalam hal apa pun. Pikirkan hal-hal positif yang Anda miliki dalam hidup dan nikmatilah momen-momen indah itu.

Selain itu, tidak masalah jika Anda melakukan kesalahan. Ingatlah, tidak ada orang yang sempurna. Dari kesalahan, Anda bisa belajar untuk tumbuh dan menjadi pribadi yang lebih bijaksana.

  • Tentukan keputusan dengan percaya diri

Anda mungkin sering ragu untuk menentukan sebuah keputusan, bahkan untuk diri sendiri. Nah, cara terbaik untuk menerapkan self-love adalah dengan lebih percaya diri untuk mengambil keputusan atas hidup Anda sendiri. Perasaan yang dimiliki setiap orang itu valid, sehingga Anda tak perlu ragu untuk mendengarkan kata hati.

  • Kenali rasa takut

Rasa takut tidak seharusnya dihindari, karena rasa tersebut sangatlah wajar dan manusiawi. Jika rasa takut itu muncul, segera evaluasi dan temukan penyebab ketakutan Anda. Dengan begitu, rasa takut tidak akan menjadi beban dan dapat meringankan kecemasan Anda.

  • Jagalah kesehatan tubuh

Self-love tak hanya soal menerima diri sendiri, tetapi juga memberikan yang terbaik. Kesehatan tubuh sangat penting untuk Anda hargai.

Dengan demikian, berikan hadiah terbaik untuk tubuh Anda dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, minum lebih banyak air putih, dan beristirahat yang cukup. Agar tetap sehat, jauhi pula rokok dan minuman beralkohol, ya.

  • Bergaul dengan orang-orang yang memberikan pengaruh baik

Anda akan sulit untuk mencintai diri sendiri apabila sering berada di lingkungan sosial yang toksik. Oleh karena itu, carilah lingkungan sosial dan pergaulan yang positif, membangun, dan dapat menerima Anda apa adanya. Hindari hubungan yang toksik demi kebaikan diri Anda.

Selain beberapa cara di atas, menerapkan self-love juga bisa Anda lakukan dengan menerima segala rasa sakit dan bahagia yang Anda rasakan. Beragam emosi, seperti takut, senang, dan bahagia, akan membantu Anda untuk mengenali diri sendiri. Hal ini tentunya penting dalam mengelola self-love yang baik.

Meski self-love penting diterapkan, bukan berarti Anda bisa bebas melakukan apa pun tanpa memedulikan lingkungan sekitar. Tetaplah berbuat baik, peduli, dan berempati kepada orang lain. Kalau sampai berlebihan, self-love yang bablas ini bisa membuat Anda menjadi narsis.

  • MANFAAT SELF-LOVE DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Adapun manfaat penerapan self love dalam kehidupan sehari-hari terbukti sangat baik bagi kesehatan mental maupun fisik, di antaranya seperti:

  1. Mendapatkan Kepuasan Hidup

Ketika self-love benar-benar diterapkan, maka kita akan bisa menerima diri sendiri sepenuhnya, termasuk berbagai macam kondisi yang dialami, baik suka atau duka, serta bertanggung jawab terhadap semua tindakan. Hal ini akan memberikan kepuasan dalam hidup.

  • Meningkatkan Harga Diri

Harga diri (self-esteem) berperan penting pada kesehatan mental. Hal ini meliputi cara seseorang memandang, menerima, dan percaya pada diri sendiri. Self esteem otomatis akan meningkat apabila self-love dapat dikontrol.

  • Membiasakan Hidup Sehat

Saat kita cinta pada diri sendiri, tentu ingin melakukan serta memberikan hal terbaik bagi diri kita sendiri, termasuk dengan menjaga kesehatan tubuh. Dengan kata lain, kita akan lebih termotivasi mengaplikasikan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, dll.

  • Mengurangi Resiko Terkena Gangguan Mental

Riset telah membuktikan, bahwa individu yang tidak dapat menerima diri sendiri apa adanya sangat rentan terserang stres. Apabila dibiarkan terus menerus, maka akan mengganggu kondisi psikologis, mulai dari gangguan kecemasan, tidak bahagia, hingga gangguan makan.

  • Belajar menghadapi kesulitan

Seseorang yang menerapkan self-love akan merasa kurang stres atau tidak nyaman ketika menghadapi peristiwa atau situasi yang sulit.

DAFTAR PUSTAKA

Sari, Intan Kemala. 2021. “Self Love Sama dengan Egois, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli” https://m.kumparan.com/kumparanwomen/self-love-sama-dengan-egois-benarkah-ini-penjelasan-ahli-1vXOLPXtUiH/full. Diakses pada 29 Juli 2022

Fatmawati, Winnie. 2019. “Pengertian Self Love Menurut Ahli” https://akurat.co/pengertian-self-love-menurut-ahli. Diakses pada 29 Juli 2022

https://www.halopsikolog.com/self-esteem-adalah-harga-diri-kita/
https://www.alodokter.com/pentingnya-self-love-dan-cara-menerapkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *