ILMPI WILAYAH VI

BAGAIMANA CARA BERDAMAI DENGAN MASA LALU ?

Self-love memiliki arti mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri yang bertujuan untuk kebahagiaan pada diri sendiri.

Pernah gak sih kamu meyalahkakan diri kamu sendiri setelah semua yang terjadi?

Yup.. banyak dari kita sering menyalahkan diri sendiri untuk berbagai kenyataan yang terjadi. Kenyataan buruk membuat kita tidak mencintai diri kita sendiri. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, ada beberapa di antara kita yang cenderung sulit memaafkan diri sendiri. Padahal, memaafkan atau berdamai dengan diri sendiri sangat penting untuk mendapatkan ketenangan.

Mengapa self-love menjadi sangat penting?

Self-love merupakan sebuah pondasi yang memungkinkan individu bersikap tegas, mengejar mimpi, merasa bangga terhadap apa yang dicapai, dan menjalin hubungan sehat dengan orang lain. Oleh sebab itu, penting bagi setiap orang untuk mampu mengelola self-love secara baik.

Jadi apa saja yang bisa dilakukan untuk bisa mencintai diri sendiri ?

  1. Mengenali Diri Sendiri, Tahap pertama menerapkan self-love adalah belajar mengenal diri sendiri. Cobalah berkomunikasi dan berdamai dengan diri. Temukan berbagai jawaban yang mengganjal, seperti apa yang ingin dicapai, apa ketakutan terbesar, dan apa kekuatan yang dimiliki.
  2. Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain, Setiap individu itu unik, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak perlu bersifat kompetitif dan membandingkan diri dengan orang lain, apalagi dalam hal bersosialisasi. Jangan lupakan satu hal, bahwa tidak ada satu manusia pun yang sempurna.
  3. Menjaga Kesehatan Tubuh, Self-love bukan hanya soal menerima diri sendiri, namun juga berusaha sebaik mungkin memberikan yang terbaik, termasuk menjaga kesehatan tubuh. Anggaplah kalau pola hidup sehat yang Anda lakukan merupakan hadiah dan penghargaan terhadap diri sendiri.
  4. Me Time, konsep self love salah satunya bisa dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri yaitu me time. Nah, meskipun sendirian bukan berarti kesepian, me time diperlukan untuk bisa merasakan kesenangan batin. Dengan cara me time ini kita dapat membuang energi negatif yang ada pada dalam diri kita. Jadi selain istirahat setelah bekerja, jangan lupa untuk melakukan hal yang menyenangkan juga untuk diri sendiri yaa.
  5. Bergaul dengan Orang-Orang Berpikiran Positif, Akan sulit bagi Anda menerapkan self-love kalau berada di antara orang-orang toxic. Oleh sebab itu, carilah lingkungan pergaulan yang dipenuhi orang-orang berpikiran positif. Ingat, lingkungan memiliki pengaruh besar dalam membangun kepribadian seseorang

Bagaimana cara berdamai dengan masalalu dan mencintai diri sendiri??

Pertama, menerima segala masa lalu diri sendiri baik yang manis maupun kepahitan yang pernah dialami. Kedua, membatasi atau memberi jarak terhadap apa yang menjadi sumber dari masalah atau trauma masa lalu yang terus membayangi tersebut. Ketiga, fokus terhadap masalah yang menjadi penghalang untuk mencintai diri sendiri, kemudian beri ruang untuk bicara dengan diri sendiri dengan mengatakan hal-hal yang positif agar dapat berdamai dengan apa yang sudah berlalu. Dengan melakukan tips tersebut, maka secara tidak langsung juga belajar mengapresiasi diri sendiri, menilai diri sebagai pribadi yang unik, berharga dan mencintai diri sendiri dengan tulus.

Seringkali seseorang belajar untuk berdamai dengan masa lalu, namun lupa untuk berdamai dengan emosi negatif yang dimiliki. Mencintai diri sendiri bukan hanya tentang menerima hal positif dalam diri, namun kesediaan untuk menerima emosi negatif, berdamai dengan kesedihan, dan beradaptasi dengan ketakutan akan meningkatkan penerimaan diri yang menguatkan pribadi orang tersebut.

Menerima masa lalu dan berdamai dengan diri sendiri !!

Yup, mengapa tidak menerapkan self love dan berdamai dengan masalalu??

Ingat, dirimu sudah berusaha lakukan yang terbaik, kegagalan, kenyataan yang suram, itu yang membuat dirimu berproses, JATUH .. BANGUN ..terus lakukan itu dan jangan pernah menyerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *