ILMPI WILAYAH VI

“COVID-19” APA KABAR POTENSIMU, APAKAH MENINGKAT ATAU MENURUN?

Fenomena virus covid-19 yang melanda dunia, memporak-porandakkan tatanana hidup dalam masyarakat yang tentu saja berdampak besar pada seluruh aspek kehidupan. Fenomena ini tentu saja menjadi masalah besar yang harus dihadapi oleh masyarakat itu sendiri, dimana pada masa covid-19 ini memberikan ketakutan yang cukup mendalam dikarenakan penularan yang sangat cepat dan serius, selain itu dampak yang sangat dirasakan oleh masyarakat yaitu adanya batas ruang gerak yang ditimbulkan selama covid-19 terjadi sehingga segala aktivias yang pada dasarnya harus berjalan secara face to face dialihkan menjadi daring. Hal ini tentu menjadi hambatan tersendiri bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas dan beradaptasi dengan system kerja yang baru.

Berbicara masalah covid-19, maka tidak akan jauh dari  masalah aktivitas dan produktivitas kerja yang saat ini dilakukan secara online. Peralihan system kerja yang tiba-tiba memaksa masyarakat untuk mampu beradaptasi dengan cepat. Saat ini dampak terbesar yang dialami selama covid-19 tertuju pada bidang Pendidikan, dimana para pelajar diharuskan untuk mampu mengopttimalkan dan mengembangkan diri secara mandiri. Pembelajaran system daring menjadi hal yang baru dikalangan para pengajar dan pelajar, sehingga dengan hal itu semua dituntut untuk mampu menciptakan dan mengembangkan kreatifitas, inovasi dan potensi diri.  oleh karenanya fenomena covid-19 menjadi sebuah ajeng dalam menggali dan mengembakaan sebuah potensi diri yang dimiliki.

Melihat kondisi saat ini yang menuntut semua masyarakat untuk bisa menyelesaikan tantangan dan kemampuan bertahan hidup. Artinya masyarakat mampu bertahan hidup secara sehat. Sehingga kemampuan dalam mengembangkan diri menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh beberapa masyarakat yang menganggap fenomena ini sebagai suatu peluang untuk lebih meningkatkan kualitas hidup mereka, salah satunya dengan mengembangkan potensi diri. berbicara terkait potensi diri, semua orang dilahirkan dengan masing-masing potensi yang berbeda. Potensi diri merupakan suatu kelebihan atau kemampuan yang melekat pada diri seseorang. Lalu bagaimana potensi diri itu bisa dikembangkan?.

Banyak orang yang memiliki potensi yang besar, namun tidak menyadari akan hal itu. banyak orang yang memiliki potensi tapi tidak tau bagaimana cara mengembangakan potensi tersebut. untuk mengembangkan suatu potensi dilakukan melalui proses belajar dan mengajar (learning action). Ditengah pandemi covid-19 yang menuntut masyarakat untuk menguasai suatu teknologi sebagai sarana dalam belajar dapat menjadi suatu peluang untuk mengembangkan potensi misal dengan mempelajari cara kerja aplikasi-aplikasi tertentu eperti, zoom, google meet dll. Hal ini tidak hanya menjadi anjuran masyarakat untuk menggunakan teknologi sebagai sarana belajar tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Suatu potensi dapat digali menjadi sebuah kekuatan yang besar dalam menciptakan suatu inovasi yang kreatif.

Bagi orang yang mampu mengoptimalkan diri dengan baik tidak akan melihat covid-19 sebagai masalah, namun kondisi ini harus dilihat sebagai peluang besar dalam mengembangkan diri. Karena zaman akan terus berkembangan dan persaingan globalisasi semakin ketat. Bagaimana dengan Anda, Apakah potensimu menurun atau meningkat?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *