ILMPI WILAYAH VI

Memaksimalkan Performa Diri Dipandang Dari Sisi Psikologi

Banyak dari kita sering berfikir kenapa biasanya saat kita melakukan sesuatu yang biasa kita lakukan sangat baik tapi kenapa saat ini menjadi sangat sulit untuk melakukan hal tersebut dengan kata lain performa kita dalam melakukan hal tersebut menurun. Bayangkan jika anda sedang bermain sebuah game online dan anda sangat bagus ketika bermain hal tersebut dan anda bahkan sampai tidak bisa terkalahkan,hal tersebut membuat anda menjadi bosan bahkan ketika anda bertemu dengan musuh yang sangat kuat seketika anda menjadi sangat fokus sampai melebihi performa yang biasanya anda tunjukan dan itu menjadi pengalaman dimana anda sangat ingin seperti itu terus tetapi anda tidak bisa menunjukan kembali performa tersebut. Ini membuat kita semua bertanya – tanya kenapa pada waktu itu saya bisa menunjukan sebuah performa yang sangat baik dan sekarang sangat sulit untuk mengulangnya lagi.

Pada dasarnya manusia dalam melakukan suatu perilaku membutuhkan sebuah motivasi yang dapat mendorong mereka untuk mencapai sebuah percapaian dimana pendorong.Dalam psikologi pendorong atau motivasi tersebut biasa atau sering di sebut Arousal.Pendorong atau Arousal merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam memusatkan perhatian dan pengolahan informasiLevel Arousal pada tiap-tiap orang juga sangat berbeda- beda yang membuat kita berperilaku berbeda – beda berdasarkan emosi yang mendorong kita untuk berperilaku. oleh karena tingkat arousal tiap orang berbeda – beda  hal ini menjadi dasar dari kita dapat mengkategorikan seseorang itu extrovert atau introvert.

Lalu bagaimanan arousal ini dapat membuat kita menunjukan performa yang sangat baik  dalam bermain game dan kemudian tidak bisa menunjukan performa ini?, jawaban nya adalah pada keseimbangan kenapa keseimbangan karena sedikit saja perberubahan pada level sangat arousal berpengaruh pada performa kita hal ini disebut Yerkes Dodson sebagai Law of Arousal, hukum Yarkes Dodson ini mengajukan bahwa performa kita meningkat bersamaan dengan level arousal kita juga. Seperti halnya ketika anda menjadi bosan ketika bermain game online karena level arousal anda menurun karena tidak memberikan stimulus yang besar untuk menjadi sangat fokus dan menunjukan performa yang sangat baik ketika bertemu dengan orang yang sangat hebat karena arousal level anda meningkat pesat, karena  tingkat stres dan kecemasan yang optimal bertindak sebagai motivasi untuk berkonsentrasi dan meningkatkan efisiensi,dan ketika tingkat kecemasan menurun, maka konsentrasi dan efisiensi juga mulai turun sehingga sulit untuk menunjukkan kesempurnaan. Dengan kata lain untuk mencapai performa yang terbaik kita harus menyeimbangkan level arousal  kita seperti halnya sebuah lonceng kita harus membuat arousal level kita tetap berada ditengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *