Sesungguhnya sudah Merdeka kah indonesia ?

1471411857803

 

17 agustus 1945 adalah itulah hari kemerdekaan indonesia, kembali 2016 indonesia tepat berusia 71 tahun, patut kita apresiasi bersama apa yang telah diperjuangkan oleh para pejuang-pejuang yang telah memerdekakan kita dari para penjajah yang begitu membabi buta menyerang indonesia, mereka berguguran dimedan perang, merelakan segenap jiwa raga dan mempertaruhkan hidup dan matinya untuk indonesia.

 

Semangat nasionalisme para pahlawan bangsa tentu tak kita ragukan lagi, betapa kurang ajarnya kita sebagai generasi muda yang tidak memahami dan menghargai jasa pahlawan-pahlawan bangsa indonesia.

 

Tapi, apakah indonesia hari ini sudah benar-benar merdeka ? Yah, mungkin memang benar secara harfiah dari arti kata merdeka yang kita pahami selama ini indonesia merdeka dari para penjajah yg berusaha memperebutkan dan menguasai kekayaan indonesia waktu itu, kita berperang secara nyata menggunakan senjata yang seadanya. Namun kini tepat 71 indonesia merdeka seharusnya sebagai generasi penerus bangsa patut mempertanyakan kualitas nasionalisme kita ? Masihkah sejarah indonesia di pahami ? Masihkah nilai-nilai pancasila di implementasikan dengan baik dlm kehidupan sehari-hari ? Masihkah hati kita benar-benar mencintai indonesia ?

 

Realitas yang demikian terjadi sampai hari ini mencerminkan betapa robohnya benteng pertahanan yang telah dibangun oleh para pahlawan bangsa dahulu. Jika mengevaluasi sejak 71 tahun indonesia merdeka, perlahan dan tanpa terasa indonesia pun kembali terjajah, banyak persoalan yang menjadi PR kita bersama untuk membenahi jiwa kita sebagai pemuda harapan bangsa, tentu dengan tidak berdiam diri lalu menunggu untuk diperbaiki, tentu saja segenap jiwa yang dibangun dari kesadaran yang dapat membangkitkan kembali karakter dari budaya indonesia yang begitu pemberani, sopan dan santun serta ramah. Bukan yang membuat kekacauan dalam bermasyarakat, mengganggu ketertiban umum dan mementingkan segala kepentingan pribadi. Tantangan bangsa begitu beragam dan sangat dinamis. Namun apapun tantangannya jika hari ini indonesia sudah mempersiapkan strategi dalam menghadapi tantangan-tantangan itu, apapun yang terjadi yakin ! Indonesia tidak kebablasan dan indonesia sungguh benar-benar sudah merdeka tapi jikalau generasi mudanya tidak berdiam diri atau acuh dengan segala persoalan yang ada. Lakukan apa yang bisa dilakukan, walaupun hal yang kecil sekalipun terlihat sepele dan bermanfaat untuk oranglain disaat itu pula indonesia menjadi bangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *