SEJARAH ILMPI

 

logo-ilmpi-fix

  • Perjalanan untuk mendirikan ILMPI tidaklah mudah, perlu perjuangan bertahun-tahun dan perdebatan yang melelahkan dengan memakan waktu yang sangat lama untuk membangunkan kembali organisasi mahasiswa psikologi tingkat nasional ini.
  • Pada Tahun 2006, timbullah suatu pertanyaan yangnantinya akan menjadi sebuah sejarah bagi mahasiswa psikologi Indonesia “Apakah kita membutuhkan sebuah wadah yang dapat menaungi seluruh aspirasi mahasiswa psikologi seluruh Indonesia?”.
  • Dari sinilah para inisiator mencari jawaban atas pertanyaan tersebut.Pada tanggal 18 Februari 2006, para inisiator mengundang perwakilan mahasiswa psikologi dari seluruh Indonesia untuk membicarakan Pra Deklarasi berdirinya sebuah organisasi mahasiswa psikolog
    i tingkat nasional.
  • Sebelum lahirnya ILMPI, sudah ada organisasi kemahasiswaan psikologi tingkat nasional sebelumnya, yaitu IMAPSI (Ikatan Mahasiswa Psikologi se-Indonesia), ISEMAPSI (Ikatan Senat Mahasiswa Psikologi Seluruh Indonesia), LMPsi (Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) dan LMPI (Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia). Organisasi-organisasi tersebut tertidur karena tidak adanya proses regenerasi. Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) adalah sebuah lembaga mahasiswa psikologi tingkat nasional.
  • ILMPI didirikan pada tanggal 26 Januari 2011 pukul 23.46 WIB. ILMPI merupakan organisasi kemahasiswaan psikologi tingkat nasional satu-satunya yang menghimpun mahasiswa psikologi seluruh Indonesia yang diwakili oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) dari masing-masing Perguruan Tinggi sebagai anggotanya. Menurut peraturan Direktorat Perguruan Tinggi (DIKTI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *